Justru kalo kita panik malah kita bisa salah2 pilih barang ataupun salah mendiagnosa motor kita sendiri.
1. Motor yang kita punya itu sebenernya harus nyatu sama perasaan kita. Kalo udah nyatu itu gejala apa aja yang timbul di motor akan gampang dipahami.
2. Sering-sering kalo benerin motor sambil dilihat mekaniknya, tanya-tanya sama orang berpengalaman tentang ini itu, insha Allah dijalan pun akan tenang.
Okee,, sekedar share pengalaman tentang motor ane Vixion yang selama ini ane punya.
1. Abis nyuci motor ngadet / susah hidup?
Itu sebenernya motor ente businya kena air, kalo emang itu motor mau dipake jalan, ya copot aja businya trus di elap-elap. Tapi kalo emang dipakenya besok tinggal tunggu aja besok juga sembuh lagi kok alias udh kering sendri. Tinggal panasin trus kelar dehh.
2. Motor bunyi bletak bletok kalo pas di jalan rusak?
Gejala kyak gitu biasanya bos conrod / bos shock lengan ayun ente udah aus.
Nah kalo yang bagian ini emang harus di cek klistrikanya, antara : spul ,kiprok sama aki. Itu gejala klistrikan gak stabil. Jadi arus kluar itu yg harusnya 100% cuma kluar 75% / 60%.
Sbnernya gak terlalu masalah sih. Cuman kalo kelamaan sampe 2 tahun salah 1 dari 3 komponen itu bisa drop. ( Penglaman sih sampai 1,5 tahun masih ga masalah dipaksain gk tau deh kalo lebih ).
4. Bersihin trotle body JANGAN TERLALU SERING krna ada sensor di dalemnya.
kelebihan injeksi itu malah trotle body gak boleh sering2 dibersihin, beda kalo sama karbu. Bentuk trotle body juga mirip sm karbu, makanya itu harus hati-hati.
Nah cara bersihinya itu pake pertamax aja minimal 1 minggu 1x lah. Trus tiap 3000 km 1x pake YAMALUBE CARBON CLEANER.
Cairan itu bs buat smua motor lho, mau injeksi apa karbu, mau matic atau manual semua bisa. Krn setiap ruang pembakaran itu pasti ada kerak, nah cairan itu digunain buat bersihin kerak-kerak itu tadi
No comments:
Post a Comment