Kapan sih motor kita HARUS di servis besar?? Bagaimana caranya servis besar dan apa saja barang yang harus disiapkan?? Dan berapa biaya servisnya??
Berikut saya rangkum tulisan ini dari seseorang yang sudah berpengalaman tentunya dan namanya sudah dikenal orang orang-orang penghuni forum dari motor vixion. Sapaan akrab yang sering dipanggil om dodi tersebut memaparkan tentang tata cara hingga part-part dari motor yang akan di servis besar itu dilakukan. Oleh karena itu berikut simak rangkuman dari paparan beliau tentang servis besar motor vixion tersebut.
Servis Besar Vixion dilakukan jika sudah ada tanda seperti keluar Asap putih baik d Rpm rendah maupun tinggi dgn di sertai pengurangan Volume Oli yg signifikan, Busi sering Basah oli, Tenaga & Akselerasi Menurun Drastis dan tentunya Noise mesin makin tidak enak di dengar
Penyebabnya bisa karena Ring seher Aus,Blok silinder baret,seal klep yg rembes atau paking head udah ga ajib walaupun jarang terjadi!
Berikut adalah Part-part yg mesti di Ganti jika akan melakukan Servis Besar :
-Paking Head 13rb
-Paking Blok 18rb
-Seal Klep 30rb
-Ring seher 60rb/110rb
-Pen piston 15rb
-Coolant 35rb
-Oli Sesuai selera
-Jasa tergantung masing-masing bengkel
sebagai gambaran saja (jasa dealer resmi YAMAHA di daerah depok skitar 40 - 45rb)
Jika di temukan Blok silinder baret maka perlu tambahan part yg d ganti
-Blok Silinder 1PA 302rb atau 3C1 496rb
-Blok Silinder Tanem Boringan 180rb
-Piston 185rb
Optional part yg d ganti jika ingin meningkatkan akselerasi & kehalusan mesin seperti baru keluar dari Dealer
-Rantai sintrik/keteng/Cam 70-85rb
-Stopper Guide 1 & 2 (Njmx/R15/NVL) 50rb
-Stopper Guide 1 & 2 (MX King) 13rb
yg mau coba pasang sendiri berikut ada tutorial cara bongkar mesinnya
-Part 1 :
https://www.youtube.com/watch?v=xx2TJiaap5o
-Part 2 :
https://www.youtube.com/watch?v=ERKH5fdiZ0o
Semoga bermanfaat :)
No comments:
Post a Comment