Breaking News

Sunday, 27 March 2016

ANALISA PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE XIOMI INDONESIA http://www.mi.com/id/



SEKILAS TENTANG XIOMI
Xiaomi Inc adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Sejak merilis telepon cerdas pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini kini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina dan Indonesia.

Sejarah
Xiaomi didirikan oleh delapan mitra pada tanggal 6 Juni 2010. Pada tahap pertama pendanaan inverstor institusi, termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, perusahaan pendanaan modal dari China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, serta perusahaan pengembang prosesor Qualcomm.
Pada bulan April 2014, Xiaomi membeli domain baru dengan nama Mi.com dengan harga 3,6 juta dolar AS, atau sekitar 44,5 miliar rupiah. Mi.com menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh seorang eksekutif senior Xiaomi. Mi.com menggantikan domain Xiaomi.com yang merupakan situs resmi Xiaomi. Pada kwartal 2 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat. Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 ponsel. Pada bulan November 2014, Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi. Investasi ini bertujuan untuk memperkaya konten perusahaan dan menjadi penentu arah ekonomi bagi industri.
Pada bulan Desember 2014, Xiaomi menyelesaikan putaran terbaru dari pembiayaan ekuitas yang dipimpin oleh dana teknologi berbasis di Hong Kong All-Stars Investment Limited, dana yang dikelola oleh mantan analis Morgan Stanley Richard Ji meningkatkan lebih dari 1 dolar miliar AS dan memiliki hasil lebih dari 45 dolar miliar AS, menjadikannya salah satu perusahaan teknologi swasta yang paling berharga di dunia.


WEBSITE XIOMI INDONESIA


Xiomi Indonesia atau yang biasa disebut dengan MI merupakan cabang dari perusahaan xiomi yang ada di Beijing, China. Perusahaan tersebut memproduksi banyak macam-macam alat electronic seperti : hp, powerbank, TV, Aksesoris, dll. Di dalam website ini kita dapat melihat secara detail produk-produk apa saja dari xiomi yang masuk ke Indonesia. Karena tidak semua produk xiomi dapat masuk ke Indonesia, tergantung dari pihak masing-masing negaranya.
Pada tampilan halaman depan website xiomi Indonesia ini, kita disuguhkan dengan tampilan yang smooth dan ringan, sehingga para user dapat dengan mudah membuka website tersebut tanpa harus menunggu lama-lama. Kemudian produk-produk dari xiomi yang dijual di Indonesia dapat langsung kita lihat sejak pertama kali kita buka.

LOGIN / DAFTAR


Di dalam website ini terdapat menu daftar / login. Tujuannya adalah apabila user ingin memesan salah satu barang atau produk dari xiomi ini, maka user diharuskan untuk mendaftar data diri ke dalam laman yang tersedia, agar pihak dari xiomi dapat dengan benar mengirimkan barang yang kita pesan ke alamat tujuan dari para konsumen.
Dalam mendaftar ini, kita di sodori dengan 2 pilihan, yaitu daftar menggunakan account facebook atau daftar tanpa menggunakan account facebook. Apabila kita ingin mendaftar melalui account facebook, maka kita hanya mengklik tombol “Masuk dengan facebook” secara otomatis kita langsung di direct ke account facebook kita. Namun apabila kita ingin mendaftar dengan account yang beda, maka kita klik tombol “Masuk”, dan tampilannya adalah sebagai berikut :


Dan ini adalah salah satu contoh apabila kita sudah terdaftar di dalam account xiomi / mi.


PRODUK YANG DIJUAL

Produk dari xiomi yang dijual di Indonesia yaitu meliputi :
  • Handphone
Handphone dari produk xiomi yang dijual di Indonesia ini ada 3 macam, yaitu: Mi4i, Redmi 2 dan Mi Pad
  • .          Power bank
Powerbank dari produk xiomi yang dijual di Indonesia ini ada 3 macam, yaitu: 16000 mAh, 10000 mAh, dan 5000 mAh.
  • .          Aksesoris
Aksesoris yang terdaftar pada laman resmi xiomi ini adalah lampu USB dan mi band saja.


KESIMPULAN
Setelah saya melihat dan menganalisa dari website xiomi ini, maka dapat saya ambil kelebihan dan kekurangan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

kelebihan :


  • Website resmi dari xiomi ini merupakan perantara antara penjual dan pembeli yang memudahkan kepada para pembeli untuk melihat spesifikasi produk dan harga secara detail.
  • Website dari xiomi Indonesia ini memiliki tampilan yang menarik dan friendly, sehingga user dapat dengan mudah mencari serta melihat produk-produk dari xiomi yang dijual di Indonesia.
  • Website xiomi ini tidak berat ketika user ingin mengaksesnya, ringan dan mudah.
  • Di dalam website ini juga pengunjung mendapatkan kemudahan bertransaksi, jaminan keamnan, serta garansi produk. Sehingga user tidak kesulitan ketika ingin membelinya. Jaminan keamanan yang merupakan salah satu prioritas pembeli juga di dukung dalam website ini, sehingga user merasa yakin ketika ingin membeli produk dari xiomi ini. Kemudian garansi produk yang juga merupakan jaminan bahwa produk xiomi ini adalah benar-benar bagus, tidak mudah rusak. Sehingga konsumen lebih yakin akan kualitas dari produk ini.
  • Sistem pembayaran untuk membeli produk dari xiomi ada 3 macam pilihan, yaitu Cash On Delivery (COD), dan transfer Online Banking.
  • Dalam proses pengiriman barang, xiomi bekerja sama dengan beberapa perusahaan pengiriman barang, yaitu : JNE, RPX, FIRST LOGISTICS dan POS INDONESIA.

Kekurangan :


  • Barang yang ada website resmi ini selalu habis dan ketika kita ingin membelinya stok selalu kosong, sehingga konsumen selalu merasa kecewa ketika ingin membelinya. Karena konsumen pasti ingin membeli barang yang asli dan langsung dari sumbernya, bukan dari yang lain. Karena belum tentu kualitas yang dijual oleh pasaran sama dengan yang dari sumbernya.
  • Barang-barang atau produk-produk yang masuk di Indonesia sangatlah sedikit dari seluruh produk xiomi di Beijing. Ini juga merupakan salah satu kekecewaan yang dialami konsumen, karena banyak sekali dari produk xiomi ini yang bagus sehingga konsumen sangat kesusahan untuk mendapatkan produk xiomi lainnya selain dari produk yang di jual di Indonesia.

No comments:

Post a Comment