SEKILAS TENTANG XIOMI
Xiaomi Inc adalah perusahaan
elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing
yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek.
Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu
perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor
telepon cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan
menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Sejak
merilis telepon cerdas pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah
memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah
Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes.
Perusahaan ini kini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari
5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina
dan Indonesia.
Sejarah
Xiaomi didirikan oleh delapan mitra
pada tanggal 6 Juni 2010. Pada tahap pertama pendanaan inverstor institusi,
termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura,
perusahaan pendanaan modal dari China IDG Modal dan Qiming Venture Partners,
serta perusahaan pengembang prosesor Qualcomm.
Pada bulan April 2014, Xiaomi membeli
domain baru dengan nama Mi.com dengan harga 3,6 juta dolar AS, atau sekitar
44,5 miliar rupiah. Mi.com menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di
Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh seorang eksekutif senior Xiaomi. Mi.com
menggantikan domain Xiaomi.com yang merupakan situs resmi Xiaomi. Pada kwartal
2 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar
Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta
perangkat. Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 ponsel. Pada
bulan November 2014, Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS
atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi. Investasi ini
bertujuan untuk memperkaya konten perusahaan dan menjadi penentu arah ekonomi
bagi industri.
Pada bulan Desember 2014, Xiaomi
menyelesaikan putaran terbaru dari pembiayaan ekuitas yang dipimpin oleh dana
teknologi berbasis di Hong Kong All-Stars Investment Limited, dana yang
dikelola oleh mantan analis Morgan Stanley Richard Ji meningkatkan lebih dari 1
dolar miliar AS dan memiliki hasil lebih dari 45 dolar miliar AS, menjadikannya
salah satu perusahaan teknologi swasta yang paling berharga di dunia.
WEBSITE XIOMI INDONESIA
Xiomi Indonesia atau yang biasa disebut dengan MI merupakan
cabang dari perusahaan xiomi yang ada di Beijing, China. Perusahaan tersebut
memproduksi banyak macam-macam alat electronic seperti : hp, powerbank, TV, Aksesoris,
dll. Di dalam website ini kita dapat melihat secara detail produk-produk apa
saja dari xiomi yang masuk ke Indonesia. Karena tidak semua produk xiomi dapat
masuk ke Indonesia, tergantung dari pihak masing-masing negaranya.
Pada tampilan halaman depan website xiomi Indonesia ini, kita
disuguhkan dengan tampilan yang smooth dan ringan, sehingga para user dapat
dengan mudah membuka website tersebut tanpa harus menunggu lama-lama. Kemudian produk-produk
dari xiomi yang dijual di Indonesia dapat langsung kita lihat sejak pertama
kali kita buka.
LOGIN / DAFTAR
Di dalam website ini terdapat menu daftar / login. Tujuannya adalah
apabila user ingin memesan salah satu barang atau produk dari xiomi ini, maka
user diharuskan untuk mendaftar data diri ke dalam laman yang tersedia, agar
pihak dari xiomi dapat dengan benar mengirimkan barang yang kita pesan ke
alamat tujuan dari para konsumen.
Dalam mendaftar ini, kita di sodori dengan 2 pilihan, yaitu daftar
menggunakan account facebook atau daftar tanpa menggunakan account facebook. Apabila
kita ingin mendaftar melalui account facebook, maka kita hanya mengklik tombol “Masuk
dengan facebook” secara otomatis kita langsung di direct ke account
facebook kita. Namun apabila kita ingin mendaftar dengan account yang beda,
maka kita klik tombol “Masuk”, dan tampilannya adalah
sebagai berikut :
Dan ini adalah salah satu contoh apabila kita sudah terdaftar
di dalam account xiomi / mi.
PRODUK YANG DIJUAL
Produk dari xiomi yang dijual di Indonesia yaitu meliputi :
- Handphone
- . Power bank
- . Aksesoris
KESIMPULAN
Setelah saya melihat dan menganalisa dari website xiomi ini,
maka dapat saya ambil kelebihan dan kekurangan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
kelebihan :
Kekurangan :
kelebihan :
- Website resmi dari xiomi ini merupakan perantara antara penjual dan pembeli yang memudahkan kepada para pembeli untuk melihat spesifikasi produk dan harga secara detail.
- Website dari xiomi Indonesia ini memiliki tampilan yang menarik dan friendly, sehingga user dapat dengan mudah mencari serta melihat produk-produk dari xiomi yang dijual di Indonesia.
- Website xiomi ini tidak berat ketika user ingin mengaksesnya, ringan dan mudah.
- Di dalam website ini juga pengunjung mendapatkan kemudahan bertransaksi, jaminan keamnan, serta garansi produk. Sehingga user tidak kesulitan ketika ingin membelinya. Jaminan keamanan yang merupakan salah satu prioritas pembeli juga di dukung dalam website ini, sehingga user merasa yakin ketika ingin membeli produk dari xiomi ini. Kemudian garansi produk yang juga merupakan jaminan bahwa produk xiomi ini adalah benar-benar bagus, tidak mudah rusak. Sehingga konsumen lebih yakin akan kualitas dari produk ini.
- Sistem pembayaran untuk membeli produk dari xiomi ada 3 macam pilihan, yaitu Cash On Delivery (COD), dan transfer Online Banking.
- Dalam proses pengiriman barang, xiomi bekerja sama dengan beberapa perusahaan pengiriman barang, yaitu : JNE, RPX, FIRST LOGISTICS dan POS INDONESIA.
Kekurangan :
- Barang yang ada website resmi ini selalu habis dan ketika kita ingin membelinya stok selalu kosong, sehingga konsumen selalu merasa kecewa ketika ingin membelinya. Karena konsumen pasti ingin membeli barang yang asli dan langsung dari sumbernya, bukan dari yang lain. Karena belum tentu kualitas yang dijual oleh pasaran sama dengan yang dari sumbernya.
- Barang-barang atau produk-produk yang masuk di Indonesia sangatlah sedikit dari seluruh produk xiomi di Beijing. Ini juga merupakan salah satu kekecewaan yang dialami konsumen, karena banyak sekali dari produk xiomi ini yang bagus sehingga konsumen sangat kesusahan untuk mendapatkan produk xiomi lainnya selain dari produk yang di jual di Indonesia.
No comments:
Post a Comment